ORENJI 2018 – Yuujou no Tabi – Perjalanan Persahabatan

Harukaze Odori

 

Yuujou No Tabi

 

Original Event of Japan in Indonesia atau biasa dikenal dengan ORENJI adalah sebuah event tahunan yang diadakan oleh mahasiswa Bahasa dan Kebudayaan Jepang dan Bahasa Jepang Universitas Diponegoro. Orenji 2018 kali ini mengambil tema “Yuujou No Tabi” yaitu, Perjalanan Persahabatan.

 

Orenji 2018 dilaksanakan selama dua hari yaitu 20 Oktober 2018 untuk Lomba Akademik Orenji dan 4 November 2018 untuk Main Event Orenji. Lomba Akademik Orenji atau disebut ORENJI EDUKASI diikuti oleh puluhan SMA/SMK/MA/Sederajat se-INDONESIA. Mereka Berkompetisi dalam lomba LCC, Kanji dan Kana Challenge, Kamishibai dan Speech Contest.

 

 

Main Event Orenji yang baru saja dilaksanakan 4 November lalu, merupakan puncak dari ORENJI 2018. Open gate dimulai pukul 09.00 WIB dan antusiasme antrian panjang pengunjung sudah terjadi sejak pagi hari. Pembukaan Orenji 2018 dilakukan oleh Dr. Redyanto Noor selaku Dekan FIB Universitas Diponegoro yang ditandai dengan pemukulan Gong dan kemudian dilanjutkan dengan arak-arakan Omikoshi.

 

Antrian Masuk Orenji 2018

 

 

Berbagai penampilan menarik dari para peserta Lomba Hiburan Orenji 2018 mulai dari Song Cover Solo dan Grup, Dance Cover, Cosplay, Cabaret, Band, Photography dan Illustration turut memeriahkan main stage Orenji. Selain penampilan dari para peserta lomba tentunya ada juga penampilan spesial, di antaranya penampilan dari Benjiro Band (Band Kouhai), Cabaret Kouhai Kazahana ft. Haruko dan Haruki (Maskot Orenji 2018), Harukaze Odori dan NEaR.

Juri Cosplay Sheilla Ardhani & Frea Mai on stage ~

  
Haruko & Haruki, pict by : @shelina__

 

Games-games Hiburan juga meramaikan serangkaian acara Orenji ini, seperti games Roulette, Garapon, Bidik Hadiah, dan Takoyaki Contest. Selain itu ada juga Japanese Class untuk belajar Ryouri, Asobi dan Chanoyu bersama dengan Nihon Jin langsung.

 

 

 

“Orenji Comic Market atau JICOMA adalah Comic Market pertama di Jawa Tengah. Semua karya bersifat original dari berbagai cirle artist yang berpartisipasi disini.”

Berbicara soal matsuri atau festival tentunya tidak akan terlepas dari stand-stand atau booth yang menjajakan makanan hingga barang-barang menarik. Stand-stand di Orenji selalu ramai oleh antrian pembeli. Selain makanan dan barang-barang menarik pengunjung juga dapat berbelanja berbagai merchandise original karya para artis dari berbagai Circle dan Komunitas yang mengisi booth di JICOMA Orenji. Orenji Comic Market atau JICOMA adalah Comic Market pertama di Jawa Tengah. Circle dan Komunitas yang berkontribusi dalam JICOMA ini bukan hanya dari Jawa Tengah loh. Dan yang tidak kalah seru dan selalu ramai dari tahun ke tahun adalah Obake Yashiki atau rumah berhantu. Obake Yashiki Orenji kali ini mengambil tema “Haru no Akumu” atau disebut juga Mimpi Buruk di Musim Semi.

 

 

 

Leave Comments

comments