#LebihDekat dengan Enka Girls ~

enka girls

Eh, kalian akhir-akhir ini sering denger grup dari Jepang yang namanya ‘Enka Girls’ ? mereka sering ‘menampakkan’ diri di acara j-pop culture di Ibukota, hayuk deh kita kenalan dulu biar #LebihDekat #LebihEna’bareng Kang Harbhum

 

Enka Girls adalah grup musik dan tari yang membawakan lagu enka dengan balutan electropop. ‘Enka’adalah salah satu genre music ballad pop dari Jepang bernada sentimentil yang secara unik meluapkan perasaan orang Jepang (dilansir dari Wikipedia Indonesia). Pertama kali penulis mengetahui Enka Girls melalui media social berbasis streaming video, Twitcasting, pada akhir 2015. Kala itu, Enka Girls sering tampil di live house wilayah Shibuya beranggotakan 5 orang dan berlanjut hingga beranggotakan 7 orang, yaitu :

  • Nagai Anju
  • Koumura Misaki
  • Minami Ren
  • Touya Rui
  • Masuda Emi
  • Yuuki Shiori
  • DJ Airi

 

#WeamblooTrivia Live House adalah club music live di Jepang, tempat dimana seorang/grup musisi ingin tampil di tempat tersebut untuk menunjukkan musik mereka sendiri kepada penonton yang membeli tiket masuk live house tersebut. Live house sering digunakan untuk musisi pemula supaya bisa tampil di panggung untuk mempromosikan lagu original sendiri.

Tahun 2016, bulan Mei, Enka Girls tiba di Jakarta untuk wawancara di Trax FM dan hadir di acara TV Swasta. Setelah 2 acara itu, Enka Girls tampil di acara Jogja Idol Fest 2 sebagai guest star.

Mereka mengadakan foto bersama member dengan cheki di booth mereka sebelum tampil di panggung. Cheki adalah istilah foto polaroid ukuran kecil yang langsung cetak dari kamera setelah diambil fotonya. Member biasanya memberikan sign (tanda tangan) pada cheki tersebut. Mereka membawakan lagu original mereka di atas panggung dengan meriah walau hujan turun kala itu.

checki

Setelah tampil di Indonesia, member Enka Girls mengambil pelajaran Bahasa Indonesia di Jepang untuk memperdalam kemampuan bahasa dan menyanyikan lagu dalam bahasa Indonesia. Mereka juga merencanakan menyanyikan lagu dengan kata bahasa Indonesia saat tampil di Indonesia nanti.

Awal 2017, Emi dan Misaki graduate dari Enka Girls dan 2 member baru bergabung dengan Enka Girls, yaitu :

  • Kurose Honomi
  • Koizumi Risa

 

Tahun 2017, bulan Mei, Enka Girls juga tampil di Jakarta Idol Festival dan Ennichisai. Mereka membawakan single baru mereka yaitu Sekai Douji Tahatsu Kiss. Enka Girls bekerjasama dengan Kevin Aprilio sebagai produser musik dan komposer. Mereka membawakan lagu Faith yang diaransemen ulang untuk single terbaru mereka.

Enka Girls kembali ke Indonesia untuk tampil di Gelar Jepang UI pada bulan Agustus dengan membawa anggota terbaru mereka yaitu Toida Yuka. Mereka membawakan single terbaru mereka yaitu Faith. Pada tanggal 12 Agustus 2017, Enka Girls juga tampil di acara Bandung Scarlet Idol Fest di Click Square, Bandung. Setelah 2 acara tersebut, Enka Girls kembali ke Jepang.

Enka Girls kembali ke Indonesia tampil di Handshake JKT48 Indahnya Senyummu dan Nakama Festival 2017 pada tanggal 3 September 2017. Enka Girls juga membuka booth di tempat acara Handshake JKT48 dan mengadakan cheki bersama member. Penampilan mereka di Nakama Festival bertepatan dengan ulang tahun Toi. Sehari sebelumnya, mereka hadir pada acara indoor Nakama Festival berupa games bersama Enka Girls dan Obake Challenge bersama Enka Girls. Enka Girls menjual CD single Faith di booth mereka yang berisi lagu :

  1. Faith
  2. Dengarkan Curhatku
  3. Jangan Pergi

Enka Girls tampil di Mini Stage Jak-Japan Matsuri hari sabtu tanggal 9 September 2017 dan di Main Stage hari minggu 10 September 2017. Sempat hujan deras pada hari minggu sore di Jak-Japan Matsuri sehingga menyebabkan padamnya listrik di acara, namun, Enka Girls masih terus lanjut agenda cheki, dan hasil fotonya malah tambah unik karena dibantu penerangan dari kawan-kawan fans.

Enka Girls tampil dalam acara Toys Fair di Green Pramuka Square. Pada acara tersebut, Anju diberikan kejutan kue ulang tahun dari fans. Ada acara makan bareng member Enka Girls di Gyu Jin Teppan sebelum mereka tampil. Member dan fans saling mengobrol selama acara makan bareng tersebut. Setelah acara makan bareng, Enka Girls tampil pada malam hari.

Seminggu kemudian, Enka Girls mengadakan fanmeeting di Ragunan pada tanggal 23 September 2017. Member dan fans berjalan bersama-sama sambil melihat satwa liar di kebun binatang tersebut. Enka Girls  kembali ke Jepang setelah acara fanmeeting tersebut. Berita tersebut dari Enka Girls adalah dibentuknya sub-unit dari Enka Girls bernama Hati-hati Techno yang beranggotakan Rui, Risa, dan Anju yang juga diproduseri oleh Kevin Aprilio. Hati-Hati Techno akan tampil di Indonesia dalam waktu dekat.

 


Penulis adalah seorang photographer, videographer dan penikmat J-Pop-culture asal Bandung,
temui tulisan lainnya dari dia di : voidsaint.deviantart.com
kunjungi juga IG : @Harbhum

Leave Comments

comments