Ketika Siput Mengendap-endap…

Mungkin bagi kalian makhluk Tuhan yang menyukai hobi pop-culture Jepang dan sejenisnya, belum afdol rasanya kalau nggak pernah datang langsung ke event Jejepangan. Ya itu terjadi pada saya -sebut saja Mawar- siput yang masih newbie sekali dalam hal begituan (Ini ambigu sekali sodara-sodara :’)) ).

Nah kok pada tahun 2013 ini, saya dapet rezeki entah darimana sampai bisa datang ke event tahunan yang cukup punya pamor di kawasan regional Jawa Timur, yaitu:

Logo Chocodays

Kita tahu Chocodays selalu bisa memberikan kejutan setiap tahunnya. Meski sejujur ini pertama kalinya saya menghadiri secara langsung dan mengalami sendiri betapa serunya event yang diadakan oleh Chocodays Joint Committee ini.

Bertempat di salah satu mall terbesar di Surabaya, sangat mudah ditemukan bagi masyarakat umum yang ingin menyempatkan diri berkunjung. Saat itu, saya hanya berkesempatan datang pada hari terakhir, dari total 3 hari penyelenggaraan Chocodays tanggal 6-8 Desember 2013. Tapi rasa-rasanya satu hari itu saja sudah cukup melelahkan kok T^T.

Bagi kalian semua yang juga baru pertama kali datang, memang awalnya sangat menyenangkan. Banyak benda-benda dan makhluk ajaib bertebaran di mana-mana. Tapi sebaiknya kalian juga mempersiapkan diri secara fisik dan mental, karena belum tentu rasa kesenangan itu akan terus bertahan hingga akhir. Apalagi untuk kalian yang punya semangat 45 dalam mengemban misi tertentu. Misalnya menemukan rekan sejawat, sepenanggungan, dan sesatu pandangan –entah wajah lama yang udah jamuran atau wajah baru yang masih unyu-unyu-. Proses panjang ini akan memang sangat melelahkan, namun bisa memberikan kepuasan tersendiri dalam hidup.

Eh kembali ke event….. ngomong-ngomong siput ini bisa dibilang nyaris berkeliling empat kali. Mengamati apa-apa saja yang ada, dan siapa-siapa yang menghadiri event tahunan ini. Coba kita tilik kembali dari awal; saat baru datang dan memasuki daerah tempat Chocodays berada, ada tulisan besar dan gambar imut-imut khas. Oh berarti benar siput nggak salah datang. Terus turun tangga… ada panggung dan segala atribut stand-stand yang mulai tampak.

Berhubung siput datangnya sama teman-teman lain, ya jadi tidak ada rasa sendirian #tsaaah. Oh ya, siput saranin ya, kalau datang ke acara sejenis jangan pernah datang sendiri. Pertama nanti bisa dikira jomblo #ehbukan… maksud siput itu intinya takut kebingungan sendiri dan nantinya bakal jadi anak ilang di tengah event. Setidaknya datang bersama teman lebih menyenangkan daripada sendiri to, benar kan?

Selanjutnya setelah siput ganti baju (baju setengah cosplay sih), mulai deh jalan-jalan sendiri sama teman siput yang kebetulan memang sedang cosplay. Selanjutnya terlihat pemandangan yang mungkin umum bagi kalian yang terbiasa datang, akan tetapi itu nggak berlaku buat Siput O__O.

Apalagi kalau melihat banyak cosplayer yang sangat sparkling #plak; Siput nggak habis pikir dan sungguh terkesima. Bagi kalian yang baru pertama kali datang, pasti akan histeris dalam hati.
“Wahai kawan-kawanku yang budiman, maka termasuk ke dalam golongan orang-orang yang beruntung lah kalau kalian datang ke event Jejepangan dan membawa kamera” – diriwayatkan oleh diri saya sendiri. Karena kalau kalian minta baik-baik dan sopan sama mbak atau mas cosplayer, pasti langsung dibolehin foto bareng.

Pemandangan mulai dari fotografer amatir sampai yang profesional pun akan sangat mudah kalian temukan. Dulu pengalaman pertama siput datang ke event seperti ini ya gitu, pengen banget foto bareng sama semua cosplayer. Meksi entah kenapa niatan tersebut urung dilaksanakan; karena siput terlalu lambat mengejar para cosplayer-cosplayer keren *w*.
Ah, lanjut kembali ke acara (mungkin bias diseragamkan mau disebut “event” atau acara/ajang?). Acara Jejepangan tak lengkap rasanya kalau tidak ada makanan jepang. Bagi yang kelaparan di tengah acara, sangat mudah bagi kalian untuk menemukan stand makanan terutama yang khas Jepang. Sebut saja sushi mini atau onigiri yang tersedia dengan apik –yang sayangnya- siput sendiri nggak sempat beli, haha. Lain kali belikan siput aja ya biar tambah gizi #plak
Lalu, apa ya… hmm, kesan ramai –urghh- tidak bisa dipungkiri. Semua sudut yang mengitari panggung dipenuhi lautan manusia. Beuh, belum lagi ketika sesi flahsmob dan dance cover yang kebanyakan memutar lagu dari 48 family. Siput sempat jadi wota sesaat, terkesima sama tarian dari para performer dan ikut menari–nari dalam pikiran. Pengen nge-chant bareng tapi malu XD

Setelah sekali lagi mengitari area event, siput baru menyadari kalau sudah 3 kali berkeliling. Kaki yang mulai pegal harus diistirahatkan, dan kebetulan di sana tempat terindah untuk beristirahat adalah di hatimu…ehm…lantai mall. Jadi duduk di lantai itu hal yang lumrah di sana (karena memang tidak ada kursi yang disediakan untuk pengunjung), mau tak mau pun siput juga begitu.

Belum lagi ketika menuju restroom-nya.. weleh-weleh, jangan kaget; sepanjang lorong menuju toilet di mall tersebut, sisi-sisi koridornya penuh dengan cosplayer yang bersiap diri. Apalagi kamar mandi ceweknya. Bukan mereka narsis atau apa, tapi kamar mandi itu aset berharga mereka dalam hal berdandan. Membentuk make up sedemikian rupa agar mirip dengan karakter yang diinginkan. Hal ini sepertinya berlaku di setiap event yang sama –dimana nyaris semuanya yang memperbolehkan adanya cosplay-. Jadi ya jangan heran untuk para kamu-kamu yang pertama kali datang. 😀

Kadang event seperti ini menjadi tempatnya para komunitas tertentu untuk menunjukkan jati dirinya loh. Misal komunitas gunpla, wota, pepakura dan lain-lain, yang memiliki stand khusus untuk menunjukkan hasil karya mereka saat di Chocodays. Untuk kalian para newbie, nggak ada salahnya ya untuk mengecek setiap stand atau area-area tertentu bila datang ke event sejenis. Siput beranggapan, bilamana ada event Jejepangan seperti Chocodays, sangat mungkin akan ada komunitas-komunitas tersebut yang muncul dan menunjukkan kebolehan.

1483319_10201771846872728_623886866_n

SAM_0934

SAM_0935

Pastinya setiap kedatangan ada kepergian walau itu menyesakkan. Belum sampai di penghujung acara, tetapi siput harus pulang sama teman-teman. Kadang kala, bila kalian bertemu dengan wajah baru dan teman baru, nggak ada salahnya untuk mengajak berkenalan. Saling bertukar ID Card (bila punya) dan cinderamata tertentu. Manusia kan makhluk sosial, jadi siput rasa berteman salah satu hal yang menyenangkan. Semangat buat semuanya, jangan ragu untuk datang ke acara serupa di kotamu. Doakan siput bisa datang juga dan ketemu kalian semua juga ya ^A^

Oh iya, karena ini menurut sudut pandang siput ya jadi mohon maaf kalau ada kesalahan dan terkesan sedikit sok tahu. Hahaha ^A^ #kecupmanja

Leave Comments

comments

Leave a Reply